Unicorn Hewan Nasional Scotland

Sedang rame tentang unicorn ya? maaf ya kalau telat. Maklum beberapa hari ini lagi menikmati hari, jarang kepo facebook, or baca berita. Baru nggeh saat kemarin ada teman yang japri, tanya: Pak, apa sih unicorn? kok banyak orang yang nanya? Kebetulan pagi harinya baca artikel tentang valuasi modal unicorn di detik.com, udah deh aku kasih itu. dan mungkin memang jawaban itu yang diinginkan.

So.. Seperti yang kita semua tau, unicorn adalah hewan mitologi yang konon bentuknya menyerupai kuda, namun memiliki perbedaan dengan kuda pada umumnya. Unicorn memiliki satu buah tanduk panjang dikepalanya. mirip cula gitu, cuma bedanya yang dipunyai unicorn panjang. Beberapa cerita fiksi menambahkan “fitur” tambahan berupa sayap terbang di kiri dan kanan tubuhnya.

Saya pribadi langsung teringat gambaran unicorn seperti yang ada di atas saat menginjakkan kaki di University of Aberdeen (UoA). Di salah satu sudut kampus UoA ada dua patung hewan berdiri berjajar sebagai gerbang salah satu gedung kampus (King’s Building). Satu hewan adalah singa dengan didepannya terdapat panji bendera England, sedang yang satunya adalah unicorn dengan panji bendera Scotland.

Bagi masyarakat Scotland, unicorn lebih dari sebuah cerita. Mereka menganggap bahwa unicorn sebagai hewan nasional mereka. Scotland terkenal dengan cerita-cerita fiksi yang menggugah pikiran. Sebagai contoh cerita Highlander (nonton filmny gih) yang merupakan sosok manusia abadi. Si Duncan MacLeod sebagai tokoh utama diceritakan berasal dari Scotlandia. Highland sendiri adalah nama satu daerah di Scotland. Contoh mitology lagi yang berasal dari Scotland adalah Nessie yang berada di Loch Ness. Seingatku salah satu episode Scoby-Doo pernah bercerita tentang mitologi Loch Ness ini.

Cerita unicorn sebagai hewan mistis sendiri diceritakan beragam. Ada yang bercerita bahwa dia memiliki sihir putih, dan hanya bisa ditemui apabila unicorn berkehendak. Ada pula cerita bahwa hewan ini memiliki sihir yang kuat, sehingga tidak diperbolehkan untuk dibunuh. Orang yang membunuh akan mati dalam waktu tidak lama setelah dia membunuh unicorn (duh kangen nonton serial Merlin). Ada yang bercerita bahwa unicorn memiliki darah perak. Macem-macem deh. Menarik.

Menurut saya klaim masyarakat Scotland bahwa unicorn adalah hewan nasional mereka cukup memiliki alasan. Patung unicorn di UoA yang setidaknya sudah berdiri tegak beberapa tahun sebelum cerita unicorn meluas bisa jadi adalah monumen yang tidak bisa dibantahkan.

Alasan lain menurut saya adalah bentuk tanduk pada unicorn yang sangat unik. Bentuk tanduk ini mirip dengan tanduk yang dimiliki oleh hewan Narwhals. Jaman dahulu, beberapa bagian dari masyarakat Scotland sendiri adalah masyarakat yang suka mengarungi lautan. Kalau teman-teman beredar di museum-museum di Scotland, banyak sekali desain kapal yang ditampilkan di sana. Nah saat melaut, sebagian pelaut ini bisa dipastikan melihat keberadaan Narwhals yang memiliki habitat di sekitar Greenland, Canada dan Rusia. Dan, menurut saya mereka mendongengkan tanduk Narwhals dengan kuda putih sebagai mitologi unicorn.

Saya pribadi baru tau tentang Narwhals saat mengunjungi Aberdeen Maritime Museum. Salah satu koleksi yang dipajang adalah tusk dari si Narwhals ini. Bagi yang tertarik Narwhals seperti apa, kunjungi di sini ya gaes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *