Mudahnya Pendaftaran Sekolah di Aberdeen

Mengingat memori di Tahun 2016 bulan November awal kami berkesempatan untuk mendaftarkan kakak ke sekolah di Sunnybank School Aberdeen. Di sini sebenarnya awal masa sekolah dimulai pada akhir Agustus. Meskipun demikian, sekolah-sekolah di Scotlandia memiliki aturan yang cukup fleksibel dalam proses penerimaan sekolah. Menurut pandangan mereka, sekolah bagi anak-anak adalah hak, dan adalah kewajiban bagi pemerintah untuk memfasilitasi, dan memastikan semua orangtua memikirkan pendidikan mereka. Bagi kami pandangan seperti ini merupakan keuntungan tersendiri mengingat kami tidak perlu menunggu awal tahun ajaran baru untuk membawa kakak ke bangku sekolah.

Sependek sepengetahuan saya, menyekolahkan anak di sekolah-sekolah di Scotlandia hingga jenjang secondary school adalah gratis. Kita selaku orang tua tidak dibebani untuk membayar uang pangkal, atau iuran-iuran yang tidak diperlukan. Semua sudah disupport dari keuangan negara. Bahkan pada jenjang nursery (usia anak 3-5 tahun) dan Primary 1-3 (usia anak 6-8 tahun) semua siswa mendapatkan fasilitas makan gratis dari sekolah. Fasilitas makan ini disediakan oleh cafetaria sekolah, yang standardnya sudah ditentukan oleh pemerintah daerah (city council).

Dokumen yang Diperlukan?
Kembali ke topik kali ini yakni mudahnya pendaftaran sekolah di Aberdeen, kami sangat merasakan judul ini adalah fakta. Dokumen yang perlu kami sertakan saat pendaftaran sekolah hanya berupa: Passpor, dan Proof of Address. Kala itu kami lengkapi pula dengan translasi kartu keluarga yang menunjukkan kakak adalah benar anak kami, dalam didikan, naungan dan perlindungan saya dan istri. Kami selaku pendatang dari negeri sebrang tidak merasa dipersulit setelah menyerahkan dokumen tadi. Proof of Address bisa berupa surat perjanjian kontrak, Surat keterangan dari kampus tentang tempat tinggal kita, ataupun surat tagihan listrik. Proof of Address ini diperlukan mengingat di Scotlandia memberlakukan sistem zonasi sekolah.

Proses selanjutnya adalah kami diminta untuk mengisi School Admission Form seperti pada gambar profil judul di atas. Pengisian form ini pun tidak perlu dilakukan dengan buru-buru. Saat itu kami isi di dumah, dan data yang diberikan nantinya akan dimasukkan ke sistem pendidikan di Scotland. Data-data ini meliputi banyak aspek, mulai dari data pribadi keluarga, riwayat kesehatan anak, consent form terhadap photography dan dokumentasi sekolah, dan sebagainya. Selesai mengisi kami kembalikan melalui guru kakak.

Oh iya, sekolah juga consent betul dengan kesehatan anak kita. Kita wajib mengisikan data ini dengan sebenar-benarnya. Kebutuhan-kebutuhan khusus sang anak tercantum di form aplikasi tersebut. Satu yang menarik, meskipun anak kita memiliki kebutuhan khusus, nantinya sekolah tidak memisahkan anak kita dengan anak-anak yang lain. Dalam keterangan yang saya dapatkan, hal ini dilakukan agar sang anak memiliki kepercayaan diri layaknya anak-anak yang lain, disamping memiliki kemampuan bersosialisasi dengan yang lain. Data yang ada hanya berguna supaya pihak sekolah aware terhadap kebutuhan anak-anak didik mereka.

Perlu Belajar Bahasa Terlebih Dahulukah?
Saat mendaftarkan anak ke sekolah, sebelum kami diberikan form admisi tersebut, salah satu staf meluangkan waktu untuk proses tanya jawab kepada kami. Di sana kami bertanya mengenai berbagai hal termasuk apakah tidak susah bagi kakak melaksanakan pendidikan di sini, mengingat kami belum mengajarkannya bahasa Ingris barang sedikit.

Dalam jawabannya staf yang bertugas mengutarakan bahwa hal itu tidak menjadi masalah. Anak-anak bagaikan sponge yang mudah menyerap berbagai bahasa. Mereka mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan baru. Miss Kidd saat itu juga menambahkan bahwa Sunnybank sudah memiliki banyak pengalaman untuk membuktikan hal ini. Dan benar, selama sekolah, kakak tidak perlu dipisah dari kelasnya dan dalam kurun waktu 1-2 bulan kakak sudah dapat berinteraksi dengan teman-temannya dan juga guru di sekolah.

Fasilitas Sekolah?
Dikesempatan yang sama, kami dibawa berkeliling kedalam ruang-ruang sekolah. Kami ditunjukkan letak kelas, perabotan, alat peraga yang dimiliki didalamnya, aula yang dipergunakan untuk gimnastik dan olah raga indoor, library, laboratorium komputer dan diberi tahu bahwa ada kitchen dan ruang makan yang digunakan untuk proses makan siang anak-anak selama di sekolah. Fasilitas lain yang berada di luar ruangan sekolah meliputi lapangan sepak bola, dan outdoor playground. Saat itu saya berkomentar: “Alhamdulillah, lumayan lengkap juga” (dalam batinku).

Aktifitas sekolah juga banyak. Mungkin untuk menggambarkan betapa lengkap dan menariknya kegiatan mereka, ada baiknya pembaca berselancar langsung ke halaman web sekolah Sunnybank.

Seragam?
Selama proses sekolah, anak-anak mengenakan seragam berupa: baju jumper, kaos polo putih, celana gym (pendek), celana panjang warna hitam/abu-abu. Semua perlengkapan sekolah dibeli di toko-toko swalayan yang berada di Aberdeen seperti ASDA, Tesco, Primark ataupun Morrisson. Khusus baju jumper warna hijau, baju ini yang merupakan satu-satunya baju seragam identitas sekolah. Pihak sekolah menunjukkan bahwa pembelian bisa dilakukan di salah satu toko di jalan George street, yang juga menjual berbagai perlengkapan olahraga. (mohon maaf saya lupa namanya)

Saat saya ke toko tersebut, saya ditanya kakak akan bersekolah di sekolah mana? Saat itu saya jawab di Sunnybank, dan petugas toko memberi informasi bahwa untuk anak-anak jumper di Sunnybank ada dua warna yakni hitam dan hijau. Saat itu saya ingin membeli kedua warna tersbut, tapi petugas menambahkan informasi bahwa hijau untuk primary 1-primary 5. Untuk warna hitam dipergunakan bagi mereka yang berada di primary 6 dan 7. Akhirnya ga jadi deh beli dua warna. Kami akhirnya membeli dua baju jumper mengingat baju ini dipergunakan setiap hari sebagai seragam sekolah.

Sebagai tambahan, kalau kita belum memiliki semua seragam itu, anak diperbolehkan untuk datang di jam masuk (09.00) dengan menggunakan baju apapun yang menurut kita nyaman.

Selanjutnya apa?
Selanjutnya ya sekolah, dapat pengalaman-pengalaman menarik, seperti treatmen membaca, bersosialisasi di sekolah, dan aktifitas-aktifitas lainnya.

Semoga bermanfaat.

Agung Toto Wibowo

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *