Cove Bay, Sisi Lain Pantai Aberdeen

Alhamdulillah pada tanggal 16 Mei 2018 kemarin berkesempatan untuk ngider ke salah satu lokasi yang eksotis di Aberdeen. Namanya Cove Bay. Lokasi Cove Bay sendiri berada di pesisir pantai sebelah selatan Aberdeen. Tidak jauh, masuknya mungkin Aberdeen Coret Aberdeenshire kali ya. Menariknya Cove Bay ini adalah sepanjang pantai dibatasi oleh tebing yang menjulang tinggi. Kurang lebih sekitar 15 meter dari bibir pantai. Kondisi sekitar jangan di tanya, masih alami, tidak banyak bangunan. Padang rumput luas membentang di sekitar pantai.

Jujur saya menyesal kenapa baru kemarin saya ke sana. Padahal sudah 2 setengah tahun di Aberdeen, namun baru nyoba ke sana satu kali. Tapi tidak apa-apa, insyaAllah masih ada kesempatan untuk pergi ke sana lagi. InsyaAllah.

Bagaimana Menuju Kesana?

Untuk menikmati keindahaan alam di sekitar Cove Bay, ada 3 alternatif pilihan yang bisa dilakukan. Pilihan pertama adalah dari Aberdeen jalan kaki, kemudian kembali jalan kaki. Alternatif pertama ini yang kemarin saya lakukan dengan hasil memecahkan rekor langkah sebanyak 40ribuan langkah. Lumayan gempor. sepulang di rumahpun kaki “sedikit” kecapean. Total jarak yang saya tempuh kemarin kurang lebih sekitar 12 mil (19 km). Saya ingat mulai jalan dari rumah jam 9.15, dan sampai di titik akhir Cove Bay tepat pukul 14.00. Kembali lagi di sekitar rumah ada di jam 18.00.

Alternatif kedua yakni dari Aberdeen jalan kaki menuju ke Cove Bay, dan pulang naik bus no 3 menuju ke Union Square . Saya perkirakan jumlah langkah yang tercapai sekitar 21rb langkah, atau sekitar 10 km. Alternatif ini terhitung moderate.

Namun Alternatif yang paling baik menurut saya adalah dibalik. Alternatif ketiga yakni naik bus no 3 dari Union Square Aberdeen menuju Cove Bay, dan pulang dengan jalan kaki menyusuri costal path. Kelebihan alternatif ini adalah saat cape kita sudah berada di dekat Union Square Aberdeen. Durasi waktu yang diperlukan mungkin berangkat jam 9.00 sampai di Cove Bay sekitar jam 10.30, dan jalan kembali sampai di Union Square sekitar pukul 3 sore.

Di sepanjang costal path. Banyak sekali pemandangan indah seperti yang terlihat di gambar-gambar di bawah ini. Saya sendiri karena memilih alternatif pertama saya berjalan santai sambil mengatur kekuatan kaki. Bekal yang saya bawa seadanya. Kopi manis, pisang cavendis, dan sandwich yang disiapkan oleh istri. Alhamdulillah. Bekal ini ditemani pemandangan indah dan cuaca cerah merupakan kombinasi elok untuk bercengkrama dengan Cove Bay. Siangnya sempat makan nasi juga sih. Alhamdulillah perut terisi kenyang.

Kontur Jalan?

Secara umum kontur jalan costal path adalah tanjakan berkisar antara 10-30 derajat. Jadi tidak terlalu menanjak. Lebar costal path sendiri berkisar antara 30 cm hingga 1,5 meter. Bergantung lokasi yang ada. Jadi kalau kita menyusuri costal path, kadang menjorok kedalam, kadang kembali ke tengah padang rumput. Dominan kita akan melihat di sebelah kiri adalah North Sea (kalau jalan dari Aberdeen-Cove Bay). Di sepanjang jalan kita bisa temukan berbagai hal menarik, seperti flora-fauna domestik. Saat kemarin jalan saya ketemu dengan rusa betina, hanya saja dia kabur sebelum kamera membidik fotonya. T-T

Flora/Fauna?

Sebenarnya flora dan fauna yang akan kita temukan bergantung dengan bulan saat kita mengunjungi area ini. Di UK sendiri secara umum bunga-bunga akan hidup dan mati dalam waktu yang singkat, tak lebih dari 2 bulan. Beberapa bunga ada yang hanya mekar dalam waktu 1 minggu. Fauna khas Aberdeen banyak juga ditemui di sepanjang costal path menuju Cove Bay. Seagull (burung camar) lebih tepatnya mendiami tebing-tebing tinggi itu. Di salah satu prasasti dari city council disebutkan kalau jaman dulu seagull ini pernah menjadi alternatif makanan bagi penduduk sekitar. Mereka memanfaatkan daging dan juga telur tentunya.

Mengingat lokasi yang masih alam liar, tidak banyak dijamah oleh manusia, maka keberadaan bunga liar terlihat dominan. Satu yang saya temui adalah Blue Bell. Bunga ini terlihat sedikit ungu yang muncul dari rerumputan di semak-semak. Bentuk seperti lonceng dan di setiap tangkai akan ada sekitar 20-30 kuntum bunga. Saran saya pada bunga ini adalah jangan dipetik, karena apabila kita lakukan itu bunga akan cepat layu. Tidak kurang sekitar 2 jam setelah dipetik bunga akan terlihat layu, dan tidak bisa dinikmati lagi keindahannya. Untuk menikmati bunga ini kita harus datang secara langsung, berada di depannya, atau membidik barang satu atau dua foto. Penampakan Blue Bell seperti gambar di bawah ini.

Flora yang berikutnya yang bisa dijumpai di musim summer adalah Dandelion. Bunga yang saat segar berwarna kuning ini sebenarnya adalah gulma. Namun disaat dia mekar, bunga ini terlihat sangat indah. Ada dua fase yang bisa kita nikmati dari bunga ini yakni fase segar, dan fase kering. Pada saat segar bunga akan terlihat seperti gambar di bawah dengan dominan warna kuning menyala. Pada saat kering, bunga akan terlihat putih dengan serabut-serabut menyerupai kerangka payung yang bersatu dan tertata rapi pada satu tempat. Biasanya orang-orang senang meniup bunga ini pada saat kering. Saat ditiup spora-spora bunga akan berterbangan kesana kemari, mirip terjun payun, dimana penerjun ada di bawah, dan payung parasut ada di atas.

Flora terakhir yang menarik perhatian saya adalah bunga rumput. Bunga ini baru pertama kali saya temui di UK. Tentunya karena saya kuper kurang ngider. Bunga ini tidak tumbuh di setiap rerumputan. Barangkali dugaan saya adalah bunga ini hanya tumbuh pada kondisi ekstrim di mana sumber makanan tidak terlalu banyak. Warna bunga didominasi merah muda dengan mahkota bunga menonjol ke atas lebih tinggi dari daun rumput yang tumbuh.

Di sekitar Cove Bay juga ada peternakan yang bisa kita temui di ujung costal path. Bila kita berjalan dari Union Square, kita akan temui Danny’s Farm di awal perjalanan. Saat saya berkunjung di sana, ada tiga species hewan yang sedang merumput yakni domba, sapi dan kuda. Peternakan-peternakan iniĀ didominasi oleh domba. Mereka friendly lho. mau difoto dari jarak dekat. Di lain kesempatan, saya juga sempat memberi makan domba yang lucu dan imut itu. Gemes-gemes-gemes… šŸ˜€

Sample Foto

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *