Doktrinasi Positif ala Sekolah di Scotlandia

Hari kamis lalu alhamdulillah berkesempatan menghadiri parent meeting (tatap muka dengan guru kakak), mirip dengan ‘terima rapor’ di Indonesia. Sebelum bertatap muka, saya berkesempatan melihat hasil-hasil aktivitas kakak selama di sekolah. Salah satunya yang menurut saya menarik adalah:

“I think dark is ‘beautiful’ because ‘I like firework’.”

Pertanyaan ini menurut saya menarik dalam dua hal: a. Mengetahui isi hati dan psikologi sang anak, b. Doktrinasi positif terhadap hal negatif. Emosi anak bisa saja muncul melalui pertanyaan bebas dan sederhana seperti ini. Pada anak yang mengalami luka psikologi, jangan heran apabila jawaban yang muncul adalah semisal “I think dark is horrible because my father always punish me in a dark room”. Sisi lain, bisa jadi selama proses sekolah sang anak mengalami cuci-otak (dalam nada positif) untuk melihat hal-hal positif dari kondisi negatif. Dalam agama Islam kita mengenalnya dengan berbaik sangka (husnudzon).

Lain karya, lain wawancara. Saat wawancara, ada satu yang menarik menurut saya yakni kemauan sekolah dalam memfasilitasi anak dengan kemampuan berbeda. Miss Phillips guru kakak saat itu bertanya (baca meminta ijin) apakah boleh apabila kakak dipisah pada saat pelajaran membaca buku? Kami melihat dia memiliki kemampuan yang berbeda (saya tidak menangkap below or above average) sehingga akan lebih baik bila disatukan dengan teman-temannya yang memiliki kemampuan sama.

Saat itu saya langsung menjawab iya (untuk kedua asumsi below or above average) tanpa bertanya posisi dia. Yang ada dalam fikiran saya saat itu adalah ada baiknya kita mempercayai sistem yang baik dan tidak memaksakan sang anak belajar di luar kemampuannya. Argumentasi lain yakni saya salut (baca sangat menghargai) dengan upaya lebih dari sekolah dalam mendidik anak-anak yang menjadi tanggung jawab mereka.

Alhamdulillah mendapat pengalaman berharga di luar perkuliahan. Semoga menginspirasi yang lain.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *